PERANAN KOMPUTER GENERASI KE-LIMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KHUSUSNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PEMBAHASAN
Pada komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke yang berjudul 2001:Space Odyssey menampilkan fungsi yang diinginkan oleh komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) HAL cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual. Komputer yang digunakan pada generasi kelima ini pun sangat tipis, seperti note book yang super tipis, serta handphone yang dapat berfungsi atau melakukan tugas seperti komputer. Ada dua kemajuan dibidang desaian pada komputer generasi kelima yaitu kemampuan pemrosesan paralel yang akan menggantikan model von Neumann (Effendi et al., 2020).
Pada artificial intelligence HAL cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dapat menerjemahkan bahasa asing serta dapat menerjemahkan bahasa dengan inputan suara. Komputer generasi kelima juga dapat menemukan kesalahan pada saat memproses dan dia akan memperbaiki sendiri kesalahan tersebut tanpa dibantu oleh manusia (Muchammad Zakaria, 2020). Pada komputer generasi kelima ditemukan banyak web browser dan jangkauan komunikasi diseluruh dunia semakin tidak terbatas antara jarak ataupun waktu (Darmawan, 1998).
Pada komputer generasi kelima atau komputer yang dipadukan oleh program-program tertentu dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran yang dapat mengeksplorasi dan mengkonstruksi konsep matematik seperti geometri, statistic, topologi, numerik, sehingga lebih akurat dan kongkrit (Koswara et al., 2017). Peranan media yang digunakan dalam pembelajaran matematika berabasis teknologi adalah software geogebra. Pada software geogebra ini mempunyai kelebihan yaitu dapat membawa pengguna mengkonstruksi pengetahuan matematiknya secara langsung yaitu dengan praktek serta memunculkan komunikasi yang terpadu antara guru dan siswa. Geogebra adalah sofware serba guna yang dapat dipakai untuk pembelajaran matematika disekolah maupun perguruan tinggi.
Ada banyak masalah dalam matematika yang tidak bisa dilakukan manusia, namun dengan adanya komputer permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh komputer seperti menggambar grafik fungsi dalam ruang dimensi tiga. Pada komputer generasi kelima sudah mempunyai kemampuan membuat animasi serta visualisasi untuk suatu objek sehingga komputer dapat membuat objek dilayar, dengan kemampuan ini akan sangat berguna dalam pembelajaran matematika yang memuat konsep abstrak. Selain itu komputer generasi kelima mempunyai peranan dalam e-learning yaitu lebih mudah bahkan lebih banyak mendapatkan materi pembelajaran, penggunaan komputer sebagai super kalkulator, dan juga untuk alat bantu mengajar.
Dalam pembelajaran matematika komputer generasi kelima ini banyak digunakan untuk materi yang memerlukan gambar animasi, visualisasi, dan warna, contohnya pada geometri. Dengan mengggunakan komputer kita dapat membuat konsep matematika yang abstrak menjadi jelas. Selain untuk geometri, komputer juga dapat dugunakan dalam materi matematika lainnya seperti aljabar, misalnya untuk menyelesaikan sistem persamaan linier pada kalkulus, untuk menggambar grafik, dan untuk aritmetika (Sakir, 2016).
Seperti yang sudah dijelaskan pada pernyataan diatas bahwa pada komputer generasi kelima ada software yang dapat membantu dalam proses pembelajaran matematik, yaitu software geogebra, menurut (Mahmudi, 2010) pada sofware geogebra mempunyai kelebihan yaitu :
- Lukisan-lukisan yang biasanya dihasilkan dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka
- Adanya fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi pada program geogebra dapat memberikan pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep matematika
- Dapat dimanfaatkan sebagai evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan yang telah dibuat sudah benar
- Mempermudah guru atau siswa untuk menyelidiki atau menunjukan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek matematika
DAFTAR PUSTAKA
Darmawan, D. (1998). Perkembangan dan Pemanfaatan Komputer. 12.
Effendi, Anggreni, E., Studi, P., Fisika, P., Matematika, F., Ilmu, D. A. N., Alam, P., & Ganesha, U. P. (2020). Aplikasi komputer. 1813021025, 8.
Koswara, U., W., T. Y., & Rosita, N. T. (2017). Pelatihan Program Geogebra Bagi Guru Matematika Smp Di Kabupaten Sumedang. E-Dimas, 8(1), 78–83.
Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 471.
Muchammad Zakaria. (2020). Perkembangan dan CARA KERJA HANDPHONE. Nesabemedia, 1.15.
Sakir, A. (2016). Penggunaan Komputer Untuk Pembelajaran Matematika. Madrasah, 6(2), 127–128.

Komentar
Posting Komentar